Advertisement:
Asal usul tata surya dan alam semesta.
Sebuah penelitian terbaru berhasil mengungkap mengenai Asal Usul Sistem Tata Surya. Sebelum penelitian ini ada, tidak ada yang tau dengan pasti bagaimana tata surya terbentuk dan sistem alam semesta ini tercipa, hanya beberapa petunjuk penting yang tersirat di dalam Al-Quran, namun para ahli dan astronom meiliki teori tersendiri dalam mengungkap asal usul sistem tata surya. Beginilah sebenarnya asal usul tata surya kita.

Dikutip redaksi lounge.kucoba.com dari UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), tata surya diduga merupakan penyatuan gas awan dan debu yang dikenal sebagai nebula surya sekitar 4,6 miliar tahun silam.

Selain itu, para ilmuwan memiliki teori, gelombang kejut dari ledakan bintang menyebabkan wilayah nebula runtuh dan kemudian menyatu.

Teori ini juga menyebutkan, bahan dari gelombang kejut ini masuk ke dalam nebula surya dan ilmuwan menemukan buktinya.

“Bukti ini membawa kita untuk meyakini ledakan bintang merupakan dalangnya,” ungkap kepala studi Alan Boss, astrofisikawan dari Carnegie Institution.

Asal Usul Sistem Tata Surya
Galaksi
Sebuah model komputer 3D menunjukkan, gelombang kejut ini menghantam nebula surya dan menekannya kemudian menciptakan identasi serupa jari di permukaan awan.

‘Jari’ ini disuntikkan isotop radioaktif usia pendek dari ledakan bintang ke dalam nebula. Kurang dari 100 ribu tahun kemudian, awan runtuh dan memicu lahirnya sistem tata surya.

Halaman Lanjutan:
10 Misteri Aneh Tapi Nyata

Believe or Not di lounge.kucoba.com Percayalah.
Advertisement:

Diposkan oleh: