Filled Under:

Bocah Tanpa Wajah Akibat Luka Bakar Serius

Wang Xiaopeng
Wang Xiaopeng dok. dailymail
Ningxia, China, Luka bakar hebat membuat wajah bocah asal China tampak mengerikan. Ia dijuluki bocah 'tanpa wajah' karena nyaris mukanya rata seperti mengenakan topeng. Nahasnya lagi, orangtuanya tak punya biaya untuk melakukan operasi plastik.

Bila melihat wajah Wang Xiaopeng (6 tahun), Anda mungkin akan mengira ia menggunakan topeng. Luka bakar yang mengerikan membuat bocah ini tak memiliki rambut, bibir, kelopak mata, jari tangan dan kaki, akibat kecelakaan pada Novemver 2010.

Cedera parah itu membuat sulit bagi Xiaopeng untuk melakukan aktivitas, karena semua jari-jarinya pun harus diamputasi.

Tubuh Xiaopeng habis terbakar setelah ia dengan sengaja membakar beberapa batang jagung dekat rumahnya di Yinchuan, Provinsi Ningxia, China.

Orangtua bergegas membawa Xiaopeng ke Ningxia Medical University General Hospital untuk menyelamatkan nyawanya. Namun, bekas luka bakar yang hebat membuat wajahnya sangat rusak dan orangtua hanya mampu membayar selama tiga bulan untuk pengobatan putra kesayangannya tersebut.

Untuk membayar semua itu, mereka harus menghabiskan tabungan hidup dan menjual rumah serta tanah untuk menutupi tagihannya yang mencapai 150.000 yuan atau setara dengan Rp 218 juta.

Ayahnya Wang Yougiu (32 tahun) hanya memperoleh penghasilan 2.000 yuan (sekitar Rp 2,9 juta) setiap bulan sebagai petani susu, sementara ibunya Zhengwei Xiu (30 tahun) adalah ibu rumah tangga.

"Kami tahu anak yang lebih muda akan mendapatkan hasil cangkok kulit dan bedah kosmetik yang lebih baik. Tapi kami tidak ada uang," jelas ayahnya, Yougiu, seperti dilansir Dailymail, Kamis (12/4/2012).

Xiaopeng kini hanya tinggal di rumah karena teman-teman sekolahnya menolak dan takut melihat penampilan Xiaopeng. Tentu saja hal ini membuat hati orangtuanya remuk.

"Melihat anak saya seperti ini sangat menyakitkan. Ditambah lagi Xiaopeng akan semakin menderita di musim panas, ketika panas dan nyamuk membuat kulitnya yang sensitif semakin terasa sakit," lanjut ayahnya.

Keluarga meminta para dermawan lokal untuk membantu mereka karena diperlukan 300.000 yuan (sekitar Rp 436 juta) untuk membayar tiga operasi yang membantu Xiaopeng bernapas dan memperbaiki penampilannya.

healty.detik.com

Believe or Not di Patimeh Percayalah Daftar Isi