Filled Under:

Manusia Terpendek Di Dunia Terbaru

Berita ini berasal dari Sindangan, sebuah daerah di kawasan Filipina. Sindangan merupakan kawasan pedesaan arah selatan dari kota Manila. Mayoritas penduduknya petani dan nelayan. Adalah Junrey Balawing, seorang pemuda dari keluarga yang terbilang miskin. Dia memiliki tubuh yang unik. Meskipun sudah berusia 18 tahun, tapi tetap saja seperti bayi.


Sumber

Berikut fakta-fakta seputar Junrey Balawing.
1. Junrey Balawing memiliki tinggi 23, 6 inchi atau setara dengan 59,93 cm dengan berat badan hanya 5 kg padahal saat itu usianya sudah 18 tahun. 

2. Tinggal bersama kedua orangtua dan tiga saudaranya yang lain di sebuah pelosok selatan Filipina, desa Sindangan.

sumber

3. Junrey Balawing harus tinggal bersama ibunya, Concepcion, bersama-sama saudara perempuannya, Jaycel, 13 tahun, dan Jeanritch, 6 tahun, dan Jay, 11 tahun yang sedang menuntut ilmu di sekolah seni.

“Junrey memerlukan perhatian lebih dibandingkan saudara-saudaranya yang lain sebab. Setiap saat dia perlu pertolongan, Junrey mampu berdiri dengan banyak bantuan. Dia tidak bisa berdiri terlalu lama karena dia memiliki kelemahan tumpuan pada lututnya. Hal itu akan membuatnya sakit.”—Concepcion, 35 tahun.

4. Saat lahir, Junrey Balawing berukuran sebesar botol 1 liter. Ibunya saat itu mengira ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi Junrey. Saat Junrey memasuki usia 5 tahun, teman0teman sebayanya mulai tumbuh melebihi Junrey, namun Junrey tetap saja tidak ada perkembangan pertumbuhan. Keluarga sudah bertanya-tanya kemana-mana. Sampai-sampai Junrey diberikan pengobatan perbaikan tulang tapi hasilnya nihil.

Sumber

5. Kehadiran Junrey Balawing memberikan banyak berkah. Hal tersebut diutarakan ayahnya, Reynaldo, 37 tahun. “Junrey adalah berkah bagi kami sekeluarga.” Semenjak ada Junrey, Reynaldo mendapatkan pekerjaan dan hingga mampu menafkahi keluarga. Dulunya, keluarga Junrey sangat miskin dan terpuruk dalam ketidakberuntungan. 

6. Junrey Balawing sangat senang menonton televisi, film perang adalah favoritnya.

Sumber

7. Ulangtahun Junrey Balawing bertepatan dengan hari kemerdekaan negaranya, Filipina.

8. Makanan kesukaannya adalah daging babi. Dia hanya mampu menyantap dengan ukuran sekitar 2 jari tangan manusia saja. Itupun dibantu dengan sedikit nasi.

9. Nama Junrey Balawing merupakan kombinasi dari kata June, sebagai bulan kelahirannya, digabung dengan nama ayahnya, Reynaldo. Junrey bermakna "Little King", atau Raja Kecil, atau junior dan rey, yang dalam bahasa Spanyol berarti raja.

10. Selama ini Junrey Balawing tidak memiliki tempat tidur khusus, padahal dia sekarang sudah besar, pemuda 18 tahun. Junrey masih saja tidur dengan orangtuanya. Tidur diantara ayah dan ibunya sudah menjadi kebiasaannya.

Dengan predikatnya sebagai manusia terpendek, Junrey Balawing berhasil mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Khagendra Thapa Magar. Khagendra yang masih memegang rekor terpendek sampai dengan bulan Oktober 2010 ini memiliki tinggi 67,08 cm setara dengan 2 kaki 2,41 inci. Yang karena keunikannya pula, Khagendra hingga kini masih bekerja sebagai pembantu mempromosikan wisata di tempat tinggalnya.
Khagendra Thapa Magar

Dan manusia cebol lainnya, bisa secara singkat disebutkan. Antara lain:
Edward Nino Hernandez asal Kolumbia. Berukuran 70,21 cm setara dengan 2 kaki 3,46 inci. Sejak April 2010 hingga kini memiliki karir sebagai aktor.

Edward Nino Hernandez
Ada pula pemegang rekor namun sudah meninggal di usianya 21 tahun, Pingping. Pemegang Guinness World Records record sepanjang masa ini lahir di Cina 1988, di Wulanchabu, China, dengan fisik cebolnya, mulai terkenal pada tahun 2008. Saat diukur memiliki tinggi badan 74,61 cm atau 2 kaki 5,37 inci.

Pingping

Demikian seputar fakta-fakta Junrey Balawing sebagai manusia terpendek di dunia.  [Sumber]
Kujungi Juga: Blog Dangkal
Thanks for Ade Taruna

Believe or Not di Patimeh Percayalah Daftar Isi